Tingkatkan SDM, DKP Paser Kunker ke Kota Bontang

,

TANA PASER, McKabPaser – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Bontang Kaltim, Kamis (11/11/2021).

Kunker ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan SDM Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser.

Rombongan kunker yang dipimpin Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Paser Taharudin, diikuti Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Kasi Promosi dan Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Kasub Bagian Perencanaa beserta staf berjumlah 10 orang.
“Kami diterima Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Bontang, Ketua Masyarakat Sadar Lingkungan (Masdarling) Keluruhan Gn. Telihan Kecamatan Bontang Barat dan Perwakilan Community Develoment Badak LNG, ” kata Taharudin.

Selain silaturahmi, kata Taharudin, kunker ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan SDM DKP Kabupaten Paser dalam melaksanakan program dan kegiatan khususnya upaya penguatan ketahanan pangan daerah melalui pemberdayaan masyarakat khususnya Rumah Tangga pada kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) sebagai bisnis rumah tangga dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Melalui kegiatan ini saya berharap dapat mendorong gerakan rumah tangga di Kabupaten Paser, bisa meningkatkan ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan terlebih upaya stabilisasi harga dan pasokan pangan berbasis pangan lokal (diversifikasi pangan), ” katanya.

Hal ini , Tambah dia, juga sejalan dengan Visi dan Misi Bupati Paser yang memprioritaskan pembangunan Pertanian dalam arti luas untuk mewujudkan Paser MAS ( Maju, Adil dan Sejahtera).

Dipilihnya Kota Bontang sebagai tujuan kunker, kata Taharuddin dikarenakan keberhasilan kota Bontang dalam meningkatkan sinergisitas dalam upaya pemberdayaan masyarakat / rumah tangga, baik oleh Pemerintah Kota, Kelurahan, Kelembagaan Kampung Masdarling serta Community Develoment Badak LNG.
“DKP3 dapat menggerakan potensi masyarakat dibidang pertanian, perikanan, wisata serta pengembangan industri pangan lokal yang beorientasi bisnis, ” Jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Ketahanan Pangan, DKP3 Kota Bontang, Debora Kristiani, SP mengatakan, kedatangan DKP Kabupaten Paser merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi DKP3 khususnya bidang Ketahanan Pangan Kota Bontang, karena bisa saling tukar pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan program / kegiatan ketahanan pangan di daerah masing-masing.

Kunjungan kerja ini diakhiri dengan tinjauan ke ke tempat Pengembangan P2L pada Kelompok Dasa Wisma Gn. Wilis 4 dan OMAH BAWIS Pak Ucil “SAPUTRA SNACK” sebagi Pengelola Aneka Makanan.

“Kami berharap apa yang didapat dari kunjungan kerja ini dapat sama-sama diterapkan pada program yang akan dikembangkan di Kota Bontang, “tutupnya.

pewarta : MC kab Paser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *