Tunjang Produksi Pertanian, Pemkab Paser Alokasikan Rp1,2 Miliar Pengadaan Alsintan

Foto : Pemberian bantuan alsintan tahun 2021 di Kecamatan Pasir Belengkong

Tana Paser – Pemerintah Daerah Kabupaten Paser pada tahun 2022 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,2 Miliar lebih untuk pengadaan alat mesin pertanian (alsintan) guna menunjang produktivitas para petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Erwan Wahyudi melalui Kabid Prasarana Sarana dan Penyuluhan Rusdiansyah mengatakan ada puluhan alsintan yang akan diberikan kepada para petani/gabungan kelompok tani (gapoktan).

“Bantuan alsintan untuk kelompok tani yang tersebar di kecamatan-kecamatan,” kata Rusdiansyah, Senin (30)05/2022).

Bantuan tersebut terdiri dari 55 unit power threaser, 20 unit hand sprayer electric, 11 unit hand tracktor roda 2 impala, 7 unit cultivator, dan 3 unit hand traktor G3000 Zeva. “Akan dilelang sekitar bulan Juli atau Agustus,” kata Rusdiansyah.

Penerima bantuan merupakan gabungan kelompok tani (gapoktan) tersebar di beberapa kecamatan seperti Tanah Grogot, Kuaro, Pasir Belengkong, Long Kali, Long Ikis, Batu Engau.

Selain bantuan dari APBD Kabupaten Paser, kata Rusdiansyah, ada juga bantuan dari APBD Provinsi Kalimantan Timur.

“Hari ini ada 5 hand traktor yang sudah datang, kami simpan di gudang alsintan,” ucap mantan Sekretaris Kecamatan Batu Engau itu.

Bantuan alsintan berupa hand traktor dari APBD Provinsi Kaltim direncanakan berjumlah 15 unit. “Hand traktor dari Provinsi Kaltim bertahap datang, ada lima belas,” kata Rusdiansyah.

Rusdiansyah tidak dapat memastikan berapa banyak bantuan alsintan dari APBD Provinsi Kaltim. Namun yang pasti setiap tahun selalu ada bantuan alsintan bagi kelompok tani.

Selain itu, lanjut Rusdiansyah, bantuan alsintan juga bersumber dari APBN atau dari pemerintah pusat. “Biasanya yang dari APBN itu dana aspirasi anggota DPR pusat,” ujarnya.

Rusdiansyah berharap alsintan yang telah dialokasikan anggarannya tersebut dapat segera dilelang dan diberikan kepada kelompok tani.

“Sehingga bisa membantu petani-petani kita untuk kegiatan produksi pertanian di wilayahnya masing-masing dalam rangka mendukung program Bupati PASER MAS di bidang pertanian,” ucap Rudiansyah.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *