Usai Tinjau Taruna Latsitarda, Marsma TNI Tjahyo Khurniawan Kunjungi Diskominfo Paser

Tana Paser – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser Arief Rahman menerima kunjungan Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN) Marsekal Pertama (Marsma) TNI R. Tjahjo Khurniawan, S.T., M.Si di ruang command center kantor DKISP, Senin (20/5/2024).

Dalam kunjungan itu, Marsma TNI Tjahyo yang didampingi Danyon Taruna Latihan Elang /III Letkol Armin Yusuf menjelaskan bahwa kedatanganya selain mengecek para taruna PSSN maupun taruna dari AKMIL, AAU, AAL, AKPOl dan Kadet UNHAN yang sedang mengikuti Latsitarda Nusantara di Kabupaten Paser juga untuk mendapatkan masukan dari daerah-daerah terkait keamanan siber dan sandi negara.

“Di setiap daerah yang menjadi lokasi kegiatan Taruna Latsitarda Nusantara, kami selalu menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Kepala Dinas Kominfo, dari sanalah kami mendapatkan masukan untuk disampaikan kepada pimpinan, ” kata Tjahyo.

Dari silaturahmi dengan Kadis Kominfo itu, lanjut Tjahyo, kemungkinan akan berlanjut pada penjajagan kerja sama dengan pemerintah daerah terkait keamanan siber dan sandi negara. Sementara Kadis Kominfo Arif Rahman, menyampaikan salah satu kendala keamanan siber dan sandi negara di daerah adalah masalah sumber daya manusia.

“Hampir di setiap daerah, keluhannya mungkin sama, yakni belum terpenuhinya SDM yang memiliki kompetensi di bidang keamanan siber dan sandi negara, mudah-mudahan kunjungan ini bisa menjadi langkah awal untuk menjawab keluhan daerah, ” katanya.

Menurut Tjahyo, saat ini memang sudah ada beberapa pemerintah daerah yang sudah melakukan kerja sama dengan menempatkan Taruna PSSN magang di pemerintah daerah.

“Jumlah Taruna PSSN masih terbatas, sehingga belum semua daerah bisa menjadi tempat magang Taruna PSSN, saat ini yang terjauh baru di Kabupaten Banyuwangi, ” katanya.

Namun, Tjahyo berjanji akan menyampaikan keluhan yang disampaikan Kadis Kominfo Paser ke BSSN , institusi yang menjadi induk Poltek SSN.

Bahkan, tambah dia lagi, seperti halnya taruna IPDN, jika Kemendagri mengizinkan nantinya Taruna PSSN bisa ditempatkan atau menjadi pegawai di pemerintah daerah untuk memperkuat keamanan siber dan sandi di daerah. Pertemuan Kadis Kominfo Paser dengan Direktur Poltek SSN ini diakhiri dengan pemberian cindemata kepada kedua pimpinan lembaga tersebut.

Pewarta : Ropii, Editor : Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *