Asisten Kesra Setda Paser Buka Latber Chana Maru Show, Juaranya Baron , Izang dan Iwak Samata

TANA PASER, McKab.Paser- Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Paser Romif Erwinadi membuka acara Latber Chana Maru Show yang digelar Komunitas Chana Maru Paser (KCMP) di Hotel Kryad, Tanah Grogot, Minggu (17/10/2021).

Latber Chana Maru Show adalah lomba yang digelar bagi para komunitas pecinta Ikan Hias Chana Maru.

Menurut ketua panitia Indrawan, lomba ini diikuti 41 peserta para pencinta Ikan Chana Maru yang berasal dari Kabupaten Paser, Balikpapan dan Sangatta.

Lomba ini dibagi dalam tiga kategori yakni Progres Red dan Yellow 15-19 cm, Juvinel Yellow 20-30 cm, Juvinel Red 20-30 cm.

Untuk penilaian, panitia mengundang tiga orang juri dari Tanah Grogot dan Balikpapan.

” Dua orang juri dari Grogot, 1 orang juri dari Balikpapan, ” kata Indrawan.

Tujuan lomba ini, kata Indrawan, selain untuk silaturahmi juga untuk mengenalkan ikan hias chana Maru di Kalimantan Timur khususnya di Kabupaten Paser.

“Selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan di bidang ikan chana Maru, ” katanya.

Untuk juara pertama kategori Progres red and yellow diraih ‘ Iwak samata’ milik Mulyadi asal Tanah Grogot.
Juara pertama kategori Juvenil Yellow di raih ‘Baron’ milik Ceking asal Kuaro dan Juara pertama kategori Juvenil Red diraih ” Izang” milik Iskandar dari Balikpapan.

Jaya salah seorang Juri dalam lomba ini mengatakan kriteria juara didasarkan pada penilaian pengusaan adaptas tank, bunga mental, warna, bar dan anatomi badan.

” Saya ambil contoh, untuk mental, yang memiliki nilai tinggi adalah seekor ikan mengikuti kemanapun gerakan tangan dengan cepat, ” katanya.

Sementara Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Paser Romif Erwinadi sangat mengapresiasi kegiatan ini yang memiliki dampak positif bagi pengembangan budidaya ikan yang bernilai ekonomis.
” Apalagi akhir-akhir sedang menjadi tren bagi pecinta ikan hias, sehingga semakin bernilai tinggi jika digemari masyarakat, ” kata Romif. (MC kab paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *