Buka Bimtek Pemdes, Bupati Minta Susun Kegiatan yang Bermanfaat Bagi Masyarakat

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Bupati Paser dr Fahmi Fadli membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Manajemen Pemerintahan Desa yang diselenggarakan oleh DPC Apdesi Kabupaten Paser di Hotel Jatra Balikpapan, Kamis (10/11/2022).

Turut hadir Kepala DPMD Paser Chandra Irwanadhi, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa (APDESI) Paser M. Nasri, Camat Tanah Grogot M.Guntur, Camat Kuaro M. Sidik, Camat Longkali Pujiono serta Narasumber Chaidir Ukkas sebagai Tenaga Ahli Kabupaten dan Ali Hamzah dari DPMD Paser.

Diikuti sebanyak 172 Peserta dari 139 Desa se – Kabupaten Paser, bimtek kali ini bertujuan memenuhi kebutuhan desa dalam menyusun rencana kerja pemerintah desa (RKP Desa), yang setiap tahun masih mengalami kendala khususnya dalam penyusunan Desain dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan analisa teknis

Bupati Paser dr Fahmi Fadli dalam sambutannya mengatakan bimtek ini sebagai upaya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien melalui pemerintahan yang profesional, partisipatif dan transparan sebagaimana dalam visi misi PASER MAS.

“Kami Pemerintah Kabupaten tidak bisa bekerja sendiri, untuk itu perlu dibantu oleh kepala desa, dan perangkatnya untuk bisa memajukan dan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat Paser,” kata Fahmi Fadli.

Tahun 2023 kata Fahmi, Pemerintah Kabupaten Paser akan lebih memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Paser yakni dalam hal pembangunan infrastruktur.

“Karena itulah Pemkab terus berupaya meningkatkan infrastruktur agar pelayanan lainnya terbuka,” ujarnya

Fahmi Fadli juga meminta kepada Kepala Desa untuk selalu bersinergi kepada Pemerintah Kabupaten dan menyusun program kegiatan berdasarkan kebutuhan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Paser.

Selanjutnya Fahmi Fadli berpesan kepada semua peserta bimtek untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik – baiknya agar ilmu yang diterima dapat diimplementasikan saat menyusun rencana kerja desa.

“Jangan segan – segan, kami Pemkab selalu membuka komunikasi apabila aparat desa membutuhkan konsultasi kepada kami,” ucap Bupati Paser tersebut.

Sementara itu Kepala DPMD Paser Chandra Irwanadhi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Apdesi yang sudah mengkoordinasikan ke perangkat desa untuk mengikuti bimtek ini dalam rangka peningkatan kapasitas pemerintah desa.

“Kita semua harus mempersiapkan diri menjadikan Kabupaten Paser sebagai kiblatnya Pemerintahan Desa di Kalimantan Timur,” Ujarnya.

Chandra juga berharap dengan diadakannya bimtek ini akan menghasilkan pelaksana yang paham mengenai kegiatan dan program desa

“Sehingga kedepannya tidak ada lagi kepala desa, perangkat desa yang berurusan dengan perangkat hukum,” kata Chandra.

Penulis : Rizal

Total Views: 28 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *