Bupati Fahmi Resmikan IPA, Kini Masyarakat Desa Keladen Dapat Nikmati Air Bersih

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) kapasitas 1,5 liter/detik SPAM di Desa Tunes Keladen Kecamatan Tanjung Harapan, Selasa (11/10/2022).

Hadir dalam acara Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat Arif Rahman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Chandra Irwanadhi ,Kepala Dinas Sosial Abdul Kadir, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Hulaimi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Achmad Safari, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Soraya, Camat Tanjung Harapan Sudarsono serta perwakilan perangkat daerah.

Bupati Fahmi mengatakan hari ini masyarakat Desa Keladen dapat menikmati air bersih dan memiliki instalasi pengolah air yang akan diserahkan pengelolaannya ke Pemerintah Desa. Hal ini merupakan salah satu implementasi visi misi PASER MAS (Maju, Adil dan Sejahtera).

Ia pun meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan dan merawat fasilitas instalasi pengolahan air (IPA) dan tandon yang telah diberikan.

“Ini juga demi kepentingan masyarakat Desa Keladen,” kata Fahmi Fadli.

Fahmi juga menjelaskan instalasi pengolahan air ini telah dirancang dengan biaya operasional yang murah dengan memanfaatkan tenaga surya dan gravitasi bumi.

“Biaya operasional ini tidak akan memberatkan beban masyarakat,” Jelasnya.

Mewakili Kepala DPUTR, Kepala Bidang Cipta Karya DPUTR Asnawi mengatakan kapasitas produksi Instalasi Pengolahan Air (IPA) sebanyak 1,5 liter perdetik serta pengolahannya tidak menggunakan bahan kimia, tetapi menggunakan pasir selika.

“Untuk proses filter penggerak pompa dengan tenaga surya,” Ujarnya.

Lanjutnya, air IPA SPAM bersumber dari mata air gunung yang pengoperasiannya digerakan pada siang hari

“50 ribu liter air bersih yang akan digunakan masyarakat,” kata Asnawi.

Camat Tanjung Harapan Sudarsono mengatakan fasilitas air merupakan fasilitas utama, dengan ketersediaan air, kebutuhan dapat terpenuhi.

Ia berharap dengan peresmian dan kunjungan Bupati ini ada semangat masyarakat Desa Keladen, sehingga bisa betah tinggal di wilayah transmigrasi ini.

Sementara itu, Sekretaris Desa Tuna Keladen Najmawati mewakilkan Kepala Desa keladen Tarmini mengatakan terimakasih atas dukungan Bupati dalam mewujudkan sistem penyediaan air minum spam bagi warga Desa Keladen khsusnya di RT 05.

“Kami juga berharap ada listrik dan jaringan internet juga,” tutup Najmawati.

Penulis : Adhitia
Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *