Bupati Paser Hadiri Rapat Pembahasan IKN Bersama Mendagri

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menghadiri Rapat Koordinasi Bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tentang IKN di Aula Kantor Walikota Balikpapan Lantai 3, Kamis (17/02/2022)

Pada rapat yang di pimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tito Karnavian, turut hadir juga Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Ketua DPRD Kalimantan Timur Makmur Hapk, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, Serta Perwakilan Kabupaten/Kota Kalimantan Timur.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan Indonesia memiliki sejumlah daerah yang diatur dengan kekhususan, seperti Provinsi Aceh, DKI Jakarta, Papua, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tito mengungkapkan bahwa sistem pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara setara provinsi dengan kekhususan.

“Di sini (IKN) pun diatur kekhususan,” tegas Tito

Kekhususan yang dimaksud Tito ialah Kepala Daerah yang disebut sebagai kepala kawasan otorita setingkat menteri dengan bentuk pemerintahan setingkat provinsi dan diberi kewenangan serta ruang gerak yang luas untuk mempercepat proses pembangunan IKN.

Tito meminta kepada Gubernur Kaltim, Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Kepala Daerah Kabupaten/Kota Penyangga IKN serta Masyarakat Kaltim mendukung proses pemindahan IKN.

“Kepada Bapak Gubernur, Ketua DPRD Provinsi dan Kepala Daerah Samarinda, Balikpapan, PPU, Paser, Kukar dan Kubar serta masyarakat untuk selalu mendukung proses pemindahan IKN dan memberikan informasi untuk apa yang akan di kerjakan kedepan” jelasnya

Tito mengatakan pemindahan IKN telah memiliki payung hukum yang jelas, dan memiliki landasan yang kuat

“Itu sudah ada undang-undangnya, kemudian dasar hukumnya, PP-nya (Peraturan Pemerintah) sebentar lagi. Jelasnya

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor menegaskan siap mendukung pemindahan IKN.

“Kami siap mendukung pemindahan IKN ke Kalimantan Timur bahkan sejak pertama di umumkannya tahun 2019 sudah kami sosialisasikan ke Bupati, Walikota, Anggota DPRD se – Kaltim, LSM, Lembaga Adat serta Masyarakat Kaltim” Kata Isran. (Tim Diskominfostaper Kabupaten Paser)

Total Views: 45 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *