Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Paser Launching Aplikasi SRIKANDI

Tana Paser, MCKabPaser – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser Launching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Hotel Kryad Sadurengas, Senin (20/11/2023).

Launching Srikandi tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Romif Erwinadi yang mewakili Bupati Paser serta dihadiri, perwakilan Unsur Forkopimda Paser, para Kepala Perangkat Daerah dan perwakilan Perangkat Daerah di Kabupaten Paser.

Bupati Paser dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Romif Erwinadi menyebutkan kearsipan merupakan sumber informasi yang akurat sehingga dapat menjadi bukti suatu saat jika dibutuhkan.

“Arsip menjadi salah satu peran penting untuk mendapatkan informasi dikarenakan perangkat daerah bisa saja berganti pengelolaan karena mutasi atau faktor lain,” Ujar Romif Erwinadi.

Selain itu peran arsip dapat mengantarkan kita pada dua hal yang baik serta hal buruk sejalan dengan penataan arsip.

“Jika tertata rapi dapat memberikan penilaian baik, namun sebaliknya, jika berantakan atau hilang dapat menjadi masalah besar bahkan berujung kasus hukum,” Kata Romif.

Aplikasi Srikandi adalah upaya dalam meninggalkan metode pengarsipan konvensional dan beralih ke Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagaimana yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Yusuf Sumako menyebutkan Srikandi yakni aplikasi yang terintegrasi dari daerah yaitu tingkat desa hingga ke pusat, tentu akan mempermudah pengelolaan arsip terutama pencarian arsip.

” Ini salah satu terobosan selain untuk mendukung Smart city juga untuk mempercepat penyampaian informasi sehingga lebih efektif, efisien, dan akuntabel, yang terintegrasi dengan desa untuk mendapatkan informasi,” Kata Yusuf Sumako.

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *