Kunjungi Kampung Paring Sumpit di Desa Muara Andeh, Wagub Minta Terus Didik Anak Menjadi Masyarakat Cerdas

TANA PASER, MCKabPaser – Setelah sebelumnya mengunjungi MHA Mului, kini Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kampung Masyarakat Hukum Adat Paring Sumpit di Desa Muara Andeh, Kecamatan Muara Samu, Kamis (09/06/2022).

Dalam kunjungan ini Wagub Kaltim Hadi Mulyadi dan jajarannya didampingi Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Wakil Bupati (Wabup) Paser H. Syarifah Masitah Assegaf, Unsur Forkopimda Paser, Camat Muara Samu Achmad Rusdiansyah, Kepala Desa Muara Andeh Samuel Rizal, Kepala Adat Michael dan perwakilan PT. Kideco Jaya Agung serta PT. Pamapersada Nusantara.

Kunjungan rombongan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi dalam rangka silahturahmi dengan masyarakat dan memastikan Kampung Paring Sumpit Desa Muara Andeh sesuai Surat Keputusan Bupati Paser sebagai Masyarakat Hukum Adat.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan dirinya bangga dapat bertemu dengan masyarakat Kampung Paring Sumpit Desa Muara Andeh. Tak lupa Hadi pun menyampaikan salam dari Gubernur Kaltim Isran Noor kepada masyarakat Kampung Paring Sumpit Desa Muara Andeh

“Kami bangga masyarakat Muara Andeh bekerja untuk bangsa,” kata Hadi.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi

Hadi mengingatkan masyarakat Paring Sumpit Desa Muara Andeh untuk terus mendidik anak-anaknya menjadi masyarakat yang cerdas.

“Ketika ke desa ini terlihat SDN 001, artinya Desa ini memperhatikan pendidikan,” kata Hadi.

Ia berpesan kepada Kepala Desa Muara Andeh untuk dapat menjadikan Desa maju dan syarat dari kemajuan itu adalah pendidikan.

“Pastikan anak-anak sekolah setinggi-tingginya,” kata Hadi.

Pemerintah Provinsi Kalimantam Timur telah menyediakan dana bagi mereka yang beprestasi. Jika mereka ingin kuliah kata Hadi telah disediakan beasiswa di kampus Widya Praja dan tempat tinggal di Tanah Grogot.

“Artinya Kepala Desa berpikiran maju tau manfaat pendidikan,” katanya.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli

Pada kesempatan ini Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengucapkan terimakasih kepada Wagub Kaltim Hadi Mulyadi atas kunjungannya ke Kampung Paring Sumpit Desa Muara Andeh.

Dengan kunjungan ini kata dr. Fahmi Pemerintah Provinsi dapat mengetahui dan memahami keberadaan masyarakat hukum adat Mului dan Kampung Paring Sumpit yang memiliki peran melestarikan adat istiadat masyarakat Kaltim.

“Semoga Kampung Paring Sumpit dapat diakui sebagai masyarakat hukum adat oleh negara melalui keputusan Menteri lingkungan hidup dan kehutanan RI,” ucapnya.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli meminta dukungan Pemerintah Provinsi dalam membantu Pemkab Paser menghapus kesenjangan antar wilayah.

Ia menjelaskan di beberapa wilayah Kabupaten Paser masih memerlukan perhatian infrastruktur dasar seperti akses jalan, listrik dan air bersih.

Ia mengharapkan dengan kunjungan Wagub ini dapat membawa perubahan dan mewujudkan impian masyarakat dengan merealisasikan program Pemerintah Kabupaten Paser.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Total Views: 39 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *