Meriahkan HUT ke – 63 Kabupaten Paser, 32 Peserta Ikuti Parade Budaya

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar parade budaya, dalam rangka memeriahkan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Kabupaten Paser . Parade budaya ini dilaksanakan di Area MTQ, Kamis (22/12/2022).

Ribuan orang memadati area MTQ untuk ikut menyaksikan atraksi parade budaya tersebut. Parade budaya ini juga bertujuan sebagai upaya Pelestarian Seni Budaya dan Seni Tradisi, mengenalkan dan menanamkan Seni Budaya Daerah kepada masyarakat, dan mengapresiasi Seni Budaya khususnya Seni Tradisi yang ada di daerah.

Kepala Disdikbud Paser Yunus Syam dalam sambutannya mengatakan parade budaya ini merupakan referensi dari kearifan lokal, yaitu budaya Paser dan suku-suku lain yang ada di Kabupaten Paser.

“Para peserta parade terdiri dari pegiat seni, diikuti sebanyak 32 peserta paguyuban, etnis nusantara dan komunitas, dan melibatkan 1900 orang,” kata Yunus.

Yunus Syam pun mengharapkan dengan adanya parade budaya ini dapat mempersatukan kebhinekaan sehingga masyarakat di Kabupaten Paser merasa aman serta hidup dengan rukun.

Adapun peserta parade budaya antara lain laskar pertahanan adat paser, kerukunan bubuhan banjar, kerukunan keluarga mandar, perkumpulan dayak meratus, kelompok seni budaya among roso dan masih banyak lagi.

Parade budaya tersebut bergerak dari depan kantor Bupati Paser ke jalan Noto sunardi, lanjut ke Cokro, Panglima Sentik, Anden Gedang, siring kandilo, dan finish di depan Area MTQ.

Kegiatan ini disaksikan juga oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser Romif Erwinadi, Kabag Ops Polres Paser Mochamad Rezsa Adiatulloh, Ketua Bhayangkari Paser Ny. Rina Kade, Ketua Dharma Wanita Persatuan Paser Farida Hamid Katsul Wijaya dan para tamu undangan.

Tim MC Paser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *