Pelaksanaan Haji untuk Jamaah Paser Menunggu Keputusan Arab Saudi

TANA PASER, MCKabPaser – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser Abdul Khaliq mengatakan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 untuk calon jamaah Kabupaten Paser masih menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi.

“Untuk jamaah calon haji tahun ini masih belum ada kepastian, menunggu keputusan Arab Saudi,” kata Abdul Khaliq, Kamis (18/03/2021).

Khaliq mengemukakan ada tiga kemungkinan langkah yang diambil pemerintah terkait rencana pelaksanaan ibadah haji tahun ini mengingat situasi masih dalam pandemi Covid-19.

Ketiga langkah tersebut yakni memberangkatkan seluruh jamaah, membaginya dalam dua kloter, atau mengambil langkah tidak sama sekali memberangkatkan jamaah.

Ia menambahkan, Direktorat Jenderal Keberangkatan Haji dan Umroh RI, lanjut Khaliq, sudah melaksanakan pertemuan-pertemuan dengan Keduataan Besar Arab Saudi mengenai persiapan pemberangkatan haji.

“Informasinya pada akhir Maret ini sudah ada keputusan mengenai keberangkatan jamaah calon haji,” kata Abdul Khaliq.

Sementara Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Paser Abdurrahman mengatakan pada tahun ini ada 243 orang jamaah calon haji dari Kabupaten Paser.

“Jatah kuota yang ada 243 orang ditambah petugas haji daerah dua orang, jadi total keseluruhan 245 orang jamaah calon haji Kabupaten Paser ” kata Abdurrahman.

Abdurrahman mengungkapkan kelengkapan dokumen jamaah calon haji Paser sudah rampung.

“Alhamdulillah kelengkapan dokumen sudah selesai semua, jadi tinggal pelaksanaanya saja,” ungkapnya.

Diketahui pada tahun 2020 lanjut ia, jamaah calon haji Kabupaten Paser sudah menjalani vaksin meningitis.

Abdurrahman menjelaskan saat ini ada 52 jamaah calon haji lansia yangsedang menjalani vaksinasi COVID-19  yang dilaksanakan sejak  1 Maret  sampai 31 Maret 2021.

“Bagi jamaah calon haji bukan lansia  nanti akan divaksinasi pada April 2021,” ujarnya.

Pada situasi saat ini pelaksanaan ibadah haji tahun ini agak sedikit berbeda, karena harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Semoga pelaksanaan  ibadah haji tahun ini bisa terlaksana dan berjalan dengan lancar,”  harapnya.

FOTO : Asmaul

Pewarta : Asmaul, Editor : Hutja

Total Views: 2105 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *