Rakor Forkopimda Se-Kaltim, Pemkab Paser Dukung Suksesnya Pemilu Serentak

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Dalam rangka pemantauan perkembangan politik di daerah menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024 sebagai amanat Permendagri No. 61 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemantauan, Pelaporan dan Evaluasi Perkembangan Politik di Daerah. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se-Kaltim.

Rakor dengan tema “Mewujudkan Kondusiftas Daerah Mendukun Sukses Pemilu Serentak 2024 di Kalimantan Timur itu dibuka oleh Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Iran Noor, di Hotel Novotel Balikpapan. Kamis (6/7/2023).

Mewakili Bupati Paser Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya mengatakan, mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu serentak di Kabupaten Paser.

Dikatakan Katsul Pemerintah Kabupaten Paser melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik , akan melakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara dalam hal pelaksanaan tahapan Pemilu.

“Sesuai ketentuan dari setiap tahapan yang sudah berjalan, kami akan berkoordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu, sehingga pelaksanaan Pemilu bisa terlaksana dengan sukses.,” kata Katsul Wijaya.

Ia mengungkapkan meski Pemkab Paser memiliki keterbatasan kewenangan terkait penanganan teknis Pemilu, pihaknya akan memperhatian setiap kebutuhan penyelenggara.

Penyelenggara atau panitia Pemilu tentu sudah melakukan pemetaan dalam hal pelaksanaan pemilu di setiap desa dan berkoordinasi apabila terdapat hambatan.

Dalam hal kebutuhan penyelenggara untuk mendistribusikan logistik, Pemkab Paser telah menyiapkan kebutuhan dari pihak penyelenggara, khususnya pendistribuaian logistik ke desa-desa.

“Seperti yang sudah dilakukan pada Pemilu sebelumnya, kami menunggu saja apa yang menjadi kebutuhan penyelenggara,” ungkapnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Kabupaten Paser Nonding menyebutkan, dalam memberikan dukungan demi suksesnya pemilu, Pihaknya lebih menekankan pada sinergisitas antara Forkopimda dan Forkopimca.

Memperkuat dalam pemberian dukungan terhadap kesuksesan tahapan pemilu, Pemerintah Kabupaten Paser juga memfasilitasi penyelenggara untukendapatlan dukungan dari berbagai perusahaan di Kabupaten Paser.

“Kendala yang sering terjadi adalah pada saat pendistribusian, hal ini akan kami antisipasi jauh hari, sehingga ketika dibutuhkan pihak penyelenggara, kami sudah siap,” pungkasnya.

Hadir pula dalam Rakor tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Paser, Camat se-Kabupaten Paser, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja M. Guntur, Sekretaris Diskominfostaper Paser Bambang Abdul Khaliq, dan jajaran Badan Kesbangpol Paser. MC.KabPaser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *