Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Paser Lakukan Kerjasama Peningkatan SDM

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Menurunkan dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Paser menjadi salah satu prioritas dan fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, hal tersebut dibuktikan dengan melakukan Kerjasama dengan sejumlah penyelenggara pelatihan.

“Ini merupakan salah satu bukti kerja nyata Pemkab Paser dalam rangka menurunkan angka pengangguran,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Paser dengan LPK PT. Edukasi Reksa Manajemen, PT. Bina Multi Cipta Indonesia, dan LPK Aksess Com, di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Kamis (18/1/2023) sore.

Menurutnya, angka pengangguran ini tidak bisa turun secara drastis begitu saja tanpa ada  upaya yang mempengaruhinya, untuk itu dengan adanya Kerjasama dengan program peningkatan sumber daya manusia calon tenaga kerja bisa menekan laju tingkat pengangguran di Kabupaten Paser.

“Melalui kerja sama ini, dengan dilakukannya pelatihan, pengembangan, pembelajaran, kami berharap putra dan putri Kabupaten Paser ke depan bisa lebih siap untuk kerja, siap pakai dan siap untuk berdaya saing,” harap dr. Fahmi.

Dalam hal ini, Bupati Fahmi juga berpesan kepada pihak penyelenggara pelatihan agar mendidik dan melatih putra dan putri Kabupaten Paser dengan baik dan berkualitas, sehingga pada saat nanti memasuki dunia kerja dapat menjadi prioritas di tempat mereka melamar pekerjaan.

Dengan demikian lanjut Bupati, kami berharap lembaga atau penyelenggara pelatihan tersebut  juga harus proaktif dalam membantu menyalurkan peserta didik yang sudah dilatih dalam meningkatkan SDM di LPK tersebut.

“Setidaknya Lembaga pelatihan ini membantu menawarkan atau mensuplai tenaga kerja kami yang sudah dididik dan dilatih, saya yakin Lembaga pasti ada koneksi dan sinergi dengan beberapa Perusahaan untuk perekrutan tenaga kerja,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Paser Madju Simangunsong menyebutkan, peningkatan sumberdaya manusia, melalui pelatihan siap kerja dan siap berwirausaha berbasis kompetensi dan sertifikasif, diharapkan mampu menciptakan daya saing calon tenaga kerja daerah untuk berkompetisi baik tingkat regional maupun nasional.

“Melalui pelatihan siap kerja dan siap berwirausaha, bisa menekan laju tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Paser dan mendorong terwujudnya Paser maju adil sejahtera atau Paser Mas yang digagas Bupati Paser.

Majdu menambahkan, pelatihan kejuruan yang dikerjasamakan ini, bersinergi dengan program pemerintah daerah dalam upaya mengurangi angka pengangguran, karena setelah selesai mengikuti pelatihan peserta akan mendapat bekal ketrampilan dan sertifikasi kompetensi yang menjadi syarat dalam pengisian Lowongan Kerja (Loker) yang ada.

“Berikut kuota peserta pelatihan dan kejuruan yang dikerjasamakan diantaranya, Mekanik Alat Berat 70 orang, Security 30 orang, Teknis Computer 16 orang dan Administrasi Perkantoran 16 orang,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegitan itu, Sekretaris Daerah Katsul Wijaya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Hulaimi, Kepala Bagian (Kabag) Kerja Sama Abu Bakar, Kabag Prokopim Kadir Sambolangi, Pimpinan Bankaltimtara Yudhi Susatyo, perwakilan Inspektorat dan Bappedalitbang. /Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *