Gubernur Kaltim Tanam Padi di Desa Sungai Tuak

TANA PASER, MCKabPaser – Gubernur Kaltim Isran Noor melakukan Gerakan tanam padi di desa Sungai Tuak, Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser, Rabu (27/01/2021).

Penanaman diikuti Wakil Bupati Paser Kaharuddin, Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko, Kapolres Paser AKBP Eko Susanto, Seketaris Daerah Paser Katsul Wijaya, dan kepala Perangkat Daerah lainnya.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan penanaman padi ini merupakan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam mendukung ketahanan pangan di daerah.

“Pagi ini kita datang menanam padi. Penanaman ini komitmen pemerintah dalam mengembangkan pertanian guna mewujudkan swasembada pangan,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor.

Pertanian di Kalimantan Timur kata dia harus dikembangkan dikarenakan kebijakan saat ini, semua kementerian harus ikut serta dalam pengembangan industri pangan.

Isran menambahkan pertumbuhan tanaman pangan dan tanaman hortikultura di Kaltim memiliki peran besar dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu ia meminta kepada semua kepala Dinas terkait untuk membuat program pertanian yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian daerah.

Adapun bantuan alat pertanian yang pernah diberikan kepada petani agar dapat mendukung program pertanian daerah.

“Semoga bantuan benih padi, peralatan dan lainnya yang sudah pernah diberikan dapat menjalankan program para petani,” ungkap Isran.

Wakil Bupati Paser Kaharuddin mengatakna pandemi Covid-19 menimbulkan dampak luar biasa di berbagai sektor terutama kebutuhan pangan.

“Sektor pertanian harus dapat perhatian lebih, karena persiapan pangan merupakan salah satu solusi mengatasi masalah Covid-19,” kata Kaharuddin.

Kaharuddin menilai, sesuai rekomendasi dari Organisasi Makanan dan Pertaniaan, PBB menyatakan setelah Covid-19 akan hadir krisis pangan dan kemarau panjang sesuai rekomendasi BMKG.

“Ini sebagai wujud kewaspadaan kita terhadap hal itu,” kata Kaharuddin.

Kaharuddin mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kaltim atas penanaman padi, permberian bantuan benih padi, jagung dan alata tanam jagung.

“Semoga bantuan yang diberikan Gubernur bermanfaat sehingga padi subur hingga panen raya,” kata Kaharuddin.

Kahruddin berharap dengan bantuan ini dapat menjadi berkah bagi Kabupaten Paser. “Semoga ini jadi berkah, terutama masyarakt di desa Sungai Tuak,” tutup Kaharuddin.

Foto : Riski

Pewarta : Adhitia/Rizky, Editor : Hutja

Total Views: 503 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *