Paser Bakal Gelar Gebyar Kelengkeng, Dua Ribu Pohon Segera Dipanen

Tana Paser – Pemerintah Kabupaten Paser bakal menggelar kegiatan Gebyar Kelengkeng di tiga desa pada bulan Juni 2023 mendatang. Pada kegiatan tersebut direncanakan akan dipanen dua ribu pohon kelengkeng di tiga desa di kecamatan Kuaro yakni Padang Jaya, Lolo, dan Klempang Sari.

“Saat ini tim sedang mengecek persiapan panen buah kelengkeng di tiga desa untuk mendukung program Gebyar Kelengkeng bulan Juni mendatang,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser, Erwan Wahyudi, Kamis (09/02/2023).

Erwan menerangkan sebanyak 2.000 pohon kelengkeng yang akan dipanen merupakan hasil tanam pada tahun 2016 lalu. Program dari Pemprov Kaltim tersebut ditanam di area pekarangan rumah warga. Pada bulan Januari lalu, lanjut Erwan, telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan pemangkasan serta pemberian hormon perangsang pembuahan (booster).

Diharapkan pohon-pohon tersebut dapat berbuah seperti yang diharapkan. Gebyar Klengkeng akan serentak dilaksanakan di tiga Kabupaten/kota yaitu Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara, dan Kota Samarinda.

Erwan menuturkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Paser pada tahun 2023 telah menetapkan lima desa menjadi kawasan pengembangan kelengkeng. Ketiga desa tersebut Desa Gunung Putar, Desa Rangan, Desa Jone, Desa Seniung Jaya, dan Desa Suliliran.

“Lahan yang digunakan adalah lahan desa, bisa dikelola Bumdes masing-masing desa,” ujarnya.

Erwan juga mengatakan apa yang dilakukan ini merupakan realisasi dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Paser di sektor pertanian sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Paser, dengan visi dan misinya PASER MAS. Mewujudkan Kabupaten Paser yang maju, adil, dan sejahtera, khususnya di sektor pertanian,” ucap Erwan.

Pewarta : Hutja Editor : Ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *