Sinergitas Pemkab Paser dan Kodim, 15 Hektare Jagung Dipanen, Target 11 ribu Hektare di Kaltim

TANA PASER, MCKabPaser – Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf melakukan panen jagung di lahan pertanian terintegrasi seluas 15 hektar Desa Kerang Dayo Kecamatan Batu Engau, Selasa (25/01/2022). Turut mendampingi Wabup Masitah pada panen jagung tersebut unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah seperti Kepala Staf Kodim 0904 Paser Mayor Czi Edy Purwanto, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, Wakil Ketua DPRD Paser Fadly Himawan. Hadir juga pada panen ini Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Kaltim Siti Farisa Yana, dan Kabid Tanaman Pangan pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Paser Yusuf.

Wabup Masitah mengatakan kegiatan panen jagung di lahan terintegrasi ini merupakan sinergi antara TNI dan Pemerintah Kabupaten dalam pembangunan Tanaman Pangan di Kabupaten Paser. “Pemerintah Daerah tentu tidak dapat melakukan semua program-programnya tanpa dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu diperlukan sinergitas sehingga gerakan pembangunan Tanaman pangan dan Hortikultura di Kabupaten Paser  dapat meningkat,” kata Wabup Masitah.

Wabup Masitah mengemukakan pertanian dalam arti luas merupakan 1 dari 9 sektor yang masuk dalam 9 program prioritas pasangan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dan Wabup Masitah. Pemkab Paser, kata Wabup Masitah, akan melakukan pola pengembangan pertanian terintegrasi antara beberapa komoditi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan ternak dalam satu hamparan sehingga dapat menghemat tenaga kerja.

Pandemi covid-19 berangsur-angsur mulai reda. Ini berkat ikhtiar kita yang terus melaksanakan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi. Namun dampak pandemi masih terasa diberbagai sektor, termasuk kebutuhan pangan. “Untuk itu, sektor pertanian menjadi sektor yang harus mendapat perhatian. Seperti halnya yang kita lakukan pada hari ini yaitu panen raya,” ujar Wabup Masitah. Ia pun mengapresiasi Kodim Paser dan Pemerintah Provinsi Kaltim atas kerjasama dalam pembangunan tanaman pangan dan holtikultura di Kabupaten Paser.

Kabid Tanaman Pangan pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Paser Yusuf mengatakan penanaman jagung di Desa Kerang Dayo merupakan binaan Kodim 0904 yang dilakukan para petani tergabung dalam Kelompok Tani Hidup Sejahtera. “Di lahan terintegrasi ini selain jagung juga ditanam sayur-sayuran,” kata Yusuf.

Yusuf mengatakan, program tanam jagung di Desa Kerang Dayo adalah salah satu target Pemerintah Provinsi Kaltim untuk penanaman jagung di lahan 11 ribu hektar. “Target jagung yang ditanam sejak Oktober hingga Maret se-Kaltim sejumlah 11 ribu hektar, dan realisasi tanamnya mencapai 10 ribu hektar,” ujar Yusuf.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *