Rutan Paser Lakukan Pengecekan Cegah Narapidana Melarikan Diri

Tana Paser – Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIb Tanah Grogot Kabupaten Paser melakukan pengecekan teralis dan gembok hunian guna mencegah adanya narapidana yang mencoba melarikan diri.

“Pengecekan ini untuk meningkatkan keamanan, deteksi dini dari gangguan keamanan dan ketertiban di dalam rutan,” kata Kepala Rutan Paser Doni Handriansyah, Rabu (29/06/2022).

Kata Doni, kegiatan itu merupakan agenda wajib jajaran pengamanan untuk mengontrol ketertiban kegiatan warga binaan maupun memastikan kondisi bangunan lapas dalam keadaan aman.

Dalam pemeriksaan ini, petugas melakukan pengecekan dengan teliti di setiap bagian teralis dan kawat berduri.

“Pemeriksaan teralis besi dengan metode ini dilakukan untuk mengetahui jika ada teralis yang telah dipotong atau digergaji oleh warga binaan sebagai salah satu upaya untuk melakukan pelarian dari lapas,” terang Doni.

Di pemeriksaan kali ini pihak rutan tidak mendapatkan kerusakan teralis maupun kawat serta sesuatu yang mencurigakan.

Doni memastikan semua kunci serta gembok berfungsi dengan baik, kata Doni, pihaknya melakukan penukaran gembok antar blok tahanan.

“Pengecekan terhadap sudut-sudut bangunan kami lakukam di lokasi rentan terjadi pelarian, atau dijadikan tempat persembunyian barang terlarang,” ujarnya.

Pewarta : Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 12 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.