Meriahkan Kaltim Fest, Paser Promosikan Ekonomi Pariwisata Budaya Daerah

Tana Paser – Pemerintah Kabupaten Paser turut memeriahkan Festival Kaltim (Kaltim Fest) yang digelar di Convention Hall Samarinda pada 7-15 Juli 2023.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Paser, Muhsin Palinrungi, mengatakan pada kegiatan tersebut Kabupaten Paser menampilkan produk ekonomi, promosi wisata, seni dan budaya daerah.

“Ada produk usaha dari beberapa komunitas UMKM dan Persatuan Pramusaji Jasaboga Indonesia, di stand pameran yang kita tampilkan. Kita juga memperkenalkan Gunung Boga sebagai destinasi wisata prioritas, dan penampilan komunitas seni dari Yayasan Sadurengas,” kata Muhsin, Selasa (10/7).

Di sela kegiatan Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya sempat mengunjungi stand pameran milik Pemkab Paser.

Muhsin mengemukakan selain menampilkan produk ekonomi kreatif dan pariwisata, dalam even itu Kabupaten Paser juga mengirim satu komunitas seni yakni Yayasan Sadurengas untuk menampilkan kesenian dan kebudayaan daerah. Komunitas itu menampilkan seni tari Pesisir, Pedalaman, Musik Kreasi, Batik Kreasi dan Pawai Kreasi.

Pada penampilan seni yang dibawakan Yayasan Sadurengas, Kabupaten Paser keluar sebagai juara umum.

Diantaranya juara 1 juara terbaik 1 lomba tari kreasi musik tradisional.”Paser juga juara 1 Pawai kreasi daerah, juara 1 tari kreasi pesisir, juara 3 parade batik daerah, dan juara 3 tari kreasi pedalaman,” terang Muhsin.

Muksin mengemukakan berbagai even kerap diikuti Kabupaten Paser dalam rangka memperkenalkan daerah secara luas.

Selain Kaltim Fest, Kabupaten Paser juga mengikuti even Tenggarong International Folk and Arts Festival (TIFAF).”Agar Kabupaten Paser dikenal objek wisata, budaya, dan produk ekonomi kreatifnya,” ucap Muhsin.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *