Pemkab Paser Berikan Penghargaan Ekspose dan Workshop IDM Tahun 2022

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Paser memberikan Penghargaan Ekspose Indeks Desa Membangun (IDM) pada setiap desa yang ada di Kabupaten Paser di Gedung Awa Mangkuruku, Senin (19/12/2022).

Kegiatan tersebut di buka oleh Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dan dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, para Asisten, para Staf ahli, para Kepala Perangkat Daerah, Camat se Kabupaten Paser, dan Ketua Apdesi Paser M.Nasri

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli Mengucapkan Selamat dan Apresiasi kepada seluruh Kepala Desa se Kabupaten Paser yang telah berhasil membentuk dan membina serta membangun desanya masing-masing.

“Ini merupakan salah satu kebanggaan Masyarakat Kabupaten Paser sebagaimana untuk mensejahterakan masyarakat Paser menuju Paser MAS ( Maju, Adil dan Sejahtera ),” kata Fahmi Fadli.

Bupati Paser juga mengatakan Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan salah satu program pembangunan desa yang diperlukan dalam upaya mensejahterakan rakyat di Indonesia.

“Hal ini disusun untuk memberikan panduan pada pemerintah pusat, daerah dan desa sebagai salah satu basis dalam proses perencanaan pelaksanaan serta pemantauan evaluasi pembangunan desa,” ujarnya

IDM juga sangat bermanfaat untuk pemerintah sebagai mengukur status perkembangan suatu desa sehingga rekomendasi kebijakan yang diperlukan akan lebih tepat sasaran.

“IDM juga digunakan sebagai indikator penting untuk memperkuat pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah ( RPJM ) serta digunakan sebagai acuan untuk melakukan aksi integrasi dan sinergi pembangunan” terang Fahmi Fadli

Bupati Paser juga menambahkan bahwa di Kabupaten Paser saat ini tidak ada desa dalam status Tertinggal dan sangat tertinggal

“Sebanyak 139 Desa yang berada di Kabupaten Paser yang terdiri dari 17 Desa Mandiri, 76 Desa Maju dan 46 Desa Berkembang, ini menunjukkan adanya peningkatan dari tahun sebelumnya” Jelas Fahmi Fadli.

Ia jugaberharap kepada pendamping desa untuk lebih ditingkatkan lagi dalam upaya pemenuhan data IDM.

“Saya berharap kepada seluruh Camat se Kabupaten Paser untuk terus memantau perkembangan status desa ,serta selalu mengevaluasi dimasing-masing desa khususnya wilayahnya masing-masing.

Penulis : Arda, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *