DTPH Paser Jajaki Kerjasama dengan Kideco Bangun Egro Edu Wisata

Tana Paser – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Paser akan menjajaki kerjasama dengan PT. Kideco dalam pembangunan agro edu wisata.

“Kami ada rencana membangun agro edu wisata di Tanah Grogot. Saat ini sedang dimatangkan konsepnya sebelum ditawarkan ke Kideco untuk kerjasama,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser, Erwan Wahyudi, Kamis (9/3).

Selain kerjasama DTPH dengan Kideco, para kelompok tani juga didorong dapat bermitra dengan perusahaan tambang batu bara terbesar di kabupaten itu.

“Petani juga ingin bermitra. Mereka mau mengembangkan integrated farming system. Baik itu teknis pelatihan maupun penganggaran,” terang Erwan.

Erwan berharap melalui kemitraan kelompok tani dengan Kideco, dapat meningkatkan pendapatan petani.

Diketahui PT. Kideco memiliki sistem pertanian terpadu atau integrated farming system, di Desa Samungrangau Kecamatan Muara Samu.

Di lahan tersebut, Kideco mengintegrasikan kegiatan pertanian, peternakan, dan perikanan dalam satu kawasan.

“Semua hasil pertanian, peternakan, dan perikanan, memberikan nilai ekonomis bagi petani,” ucap Erwan.

Sementara untuk agro edu wisata yang akan dibangun DTPH Paser rencan lokasinya di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tanah Grogot.

Selain berfungsi sebagai pusat pembelajaran bagi para penyuluh lapangan, kata Erwan, BPP Tanah Grogot juga dapat menjadi tujuan wisata berbasis agro ekologis.

Di BPP Tanah Grogot, para pengunjung nantinya dapat berwisata sekaligus belajar tentang budidaya pertanian baik teknik bertanam padi di sawah maupun mengenal berbagai jenis tanaman hortikultura.

DTPH Paser telah menyiapkan lahan yang akan dikembangkan seluas 3 hektar lebih dengan luas lahan sawah sekitar 2 hektar untuk pembangunan tersebut.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *